9/24/09

Nama Bulan dalam Bahasa Jerman

Sebagaimana di Indonesia dan di hampir seluruh dunia, Jerman juga menggunakan sistem Kalender Gregorian untuk kalendernya. Sistem kalender ini diambil dari nama Paus (pemimpin tertinggi umat Katholik): Gregor XIIIyang pertama kali mendeklarasikan sistem kalender ini pada tahun 1582 menggantikan sistem kalender Julianis (dari Julius Caesar).

Entah kapan dan bagaimana sistem kalender ini sampai ke Indonesia. Mungkin melalu negara-negara penjajah? Yang jelas sistem kalender ini sampai juga ke Indonesia. Karena sistem kalender yang sama, maka tidak heran jika nama bulan-bulannya pun mirip. Jadi tak lah susah mengingat nama-nama bulan dalam bahasa Jerman. Ini dia nama bulan dalam bahasa Jerman (Die Monate):

Januar (dibaca: yanuar) = Januari
Februar (dibaca: februar) = Februari
Maerz (dibaca: maerts) = Maret
April (dibaca: april) = April
Mai (dibaca: mai) = Mei
Juni (dibaca: yuni) = Juni
Juli*) (dibaca: yuli) = Juli
August (dibaca: august) = Agustus
September (dibaca: september) = September
Oktober (dibaca: oktober) = Oktober
November (dibaca: nofember) = November
Dezember (dibaca: detsember) = Desember

Nama bulan dalam bahasa Jerman bergender maskulin (”der”). Jadi der Januar, der Februar, dan seterusnya.

Untuk mengatakan,“di bulan Mei”, misalnya, digunakan preposisi in+Dativ. Jadi untuk “di bulan Mei” kita katakan,“in dem May” atau karena in dembiasanya disingkat im maka menjadi “im May”. Begitu juga untuk bulan lain, im Januar, im Februar, dan seterusnya.

Untuk mengatakan,“pada 17 Agustus”, misalnya, digunakan preposisian+Dativ dan bilangan ordinal. Tujuh belas dalam bahasa Jermannya adalahsiebzehn. Karena ordinal dan kasus Dativ, maka menjadi siebzehnten. Sehingga “pada 17 Agustus” dalam bahasa Jermannya diucapkan sebagai,“an dem siebzehnten August” atau lebih umumnya “am siebzehnten August” dandituliskan dengan “am 17. August”. Contoh lain: “Pada 1 Januari” dalam bahasa Jermannya adalah am ersten Januar. Dan “Pada 1 Januari 2009″dituliskan sebagai “am 1. Januar 2009″, dan diucapkan sebagai “am ersten Januar zwei tausend neun.

Jadi,

kalau mengacu pada bulan, gunakan im –> im April

tapi kalau mengacu pada tanggal, gunakan am –> am 22. April atau am 22. April 2008

*) Juli kadang ada juga yang mengucapkannya dengan yulai, agar tak bingung tertukar dengan juni (yuni)

0 komentar:

Post a Comment