10/2/09

Telur Pidan

Telur Pidan (baca: Phitan) alias telur 1000 tahun asal negeri China ini sering digunakan sebagai pelengkap hidangan bubur atau salad. Warnanya yang hitam transparan sungguh unik dengan bau dan tekstur khas kenyal seperti jelly. Buat penggemar telur ini, kini ada pidan buatan lokal yang bisa dinikmati dengan harga yang lebih terjangkau. Mau?

Asal telur pidan ini diperkirakan dari negeri China. Telur ini memang unik tidak seperti telur biasa pada umumnya. Warnanya yang hitam transparan dengan tekstur seperti jelly tersebut memiliki masa kadaluarsa yang lumayan lama yaitu sekitar 3 tahun. Sehingga di China, Taiwan, maupun Hong Kong telur pidan sering disebut sebagai 1000 years egg (telur 1000 tahun).

Telur pidan sendiri sebenarnya berasal dari telur bebek. Telur ini kemudian mengalami proses pengawetan yaitu dengan berbagai macam campuran rempah sekitar kurang lebih 100 hari. Proses pengawetan yang cukup lama membuat telur matang secara alami dan dapat langsung dikonsumsi. Dalam masa proses pengawetan yang lama tersebut warna telur berubah menjadi hitam, putih telurnya menjadi bening dan teksturnya kenyal seperti jelly. Rasanya kenyal-kenyal lembut dan enak!

Biasanya telur pidan banyak digunakan sebagai pelengkap berbagai hidangan seperti bubur, campuran salad, dan berbagai hidangan chinesse food. Bahkan bagi masyarakat China telur ini diyakini bisa membuat badan sehat dan bebas dari berbagai macam penyakit. (Detik)

0 komentar:

Post a Comment