10/2/09

Fakta unik tentang panda:

1. Dalam zoology, panda termasuk hewan karnivora (pemakan daging) tapi 99% makanannya adalah bambu.
2. Panda bisa memakan madu, telur, ikan, dan buah.
3. Habitat asli panda hanya ada di China.
4. Di China, panda disebut xiongmao, sementara di Taiwan, panda disebut maoxiong.Xiong adalah beruang, mao berarti kucing.
5. Panda digunakan sebagai alat diplomasi antara China dengan negara lain.
6. Walau kelihatannya lucu, panda bisa menyerang manusia jika merasa terancam.


Tempat penangkaran panda raksasa Sichuan (pinyin: Sichuan Daxiongmao Qixidi) terletak di provinsi Sichuan China. Persisnya di Cagar Alam Nasional Wolong (pinyin: Wolong Ziranbaohuqu). Tempat yang didirikan tahun 1963 ini adalah rumah bagi lebih dari 30% panda yang terancam punah.

Selain panda seperti foto di atas, di Cagar Alam Nasional Wolong juga hidup panda merah (English: firefox, seperti nama Mozilla:)) dan macan tutul. Panda merah lebih menyerupai kucing, mereka juga memakan bambu.


Saat gempa besar yang melanda Sichuan 12 Mei 2008 lalu, penangkaran panda ini mengalami kerusakan hebat, tapi untung panda-pandanya selamat dan ada satu panda berusia 9 tahun yang mati tertimpa dinding.

Pada 23 Desember 2008, sepasang panda mendarat pertama kali di Taiwan, dan bisa disaksikan di Taipei Zoo sampai hari ini. Hadiah dari pemerintah China ke Taiwan ini lebih bersifat politis. Sebenarnya rencana pemberian panda ke Taiwan telah terjadi sejak 2005 lalu, tapi saat itu ditolak oleh pemerintahan presiden Taiwan sebelumnya, Chen Shuibian. Baru saat presiden Ma Yingjiu berkuasa, tahun 2008 panda masuk ke Taiwan. Karena itulah, sepasang panda di Taiwan dinamakan Tuantuan dan Yuanyuan. Jika kedua nama ini digabung, akan menjadi Tuanyuan, yang artinya reuni. Tuantuan adalah panda jantan bernomor urut 19 di Cagar Alam Nasional Wolong, sementara Yuanyuan adalah panda betina bernomor 16.

Selain di Taiwan, panda juga dihadiahkan pemerintah China ke Thailand, Hong Kong, Jepang, Jerman, Austria, Spanyol, Inggris, Meksiko, dan USA. Kapan panda masuk Indonesia? Belum ada kabarnya sampai hari ini.

Sumber : Milis Everyday Mandarin

0 komentar:

Post a Comment